Update Tentang Adsense

sumber : http://ekkei.com

Pagi-pagi update blog dulu sebelum pergi lagi. Tulisan ini merupakan update dari kasus merosotnya prosentase click trough rate adsense yang kemarin saya tulis di sini. Gak penting sih sebenernya, cuman saya tulis disini siapa tahu pengalaman saya ini bisa berguna bagi rekan yang lain.

Dalam tulisan saya kemarin, saya temukan prosentase CTR drop karena iklan yang ditampilkan oleh adsense tidak sesuai dengan topik bahasan situs tersebut. Setelah ngecek sana sini, langkah terlogis yang bisa saya ambil hanya menambah jumlah backlink ke halaman-halaman situs tersebut, dengan harapan crawler google bisa mendetect content tersebut dan bisa menampilkan iklan yang sesuai.

Link-link baru tersebut saya bangun dengan memanfaatkan beberapa dummy blog yang saya punya, per postingan saya kasih 3 link ke masing-masing halaman (meniru gaya paid review). Hari berikutnya saya tambahin lagi dengan post-post baru ke beberapa halaman lain. Udah, cuman gitu aja. :D

Dan mulai hari kemarin sudah ada perubahan di prosentase CTR saya. Hari-hari sebelumnya udah naik juga sih, tapi belum signifikan. Untuk hari kemarin prosentase CTR sudah naik menjadi 8%, dan untuk hari ini, sampai pagi ini, CTR nya udah jadi 10% lagi. Yah, moga-moga aja bisa tetep bertahan syukur-syukur terus meningkat… hehehe…

Saya tidak tahu apakah peningkatan itu benar-benar efek dari adanya backlink baru tersebut, tapi sejauh ini hanya itu upaya yang saya lakukan. Dan secara teori (kayak paham aja), ya memang logis sih.

Ketika iklan yang tampil tidak sesuai topik, ada kemungkinan crawler adsense tidak mendetect halaman tersebut. Dan dengan tambahan link baru, mereka jadi rajin meng-crawl halaman itu, dan akhirnya bisa menampilkan iklan yang sesuai. Tapi itu opini saya saja lho, saya ndak punya teori untuk mensupport opini tersebut.

Mungkin pengalaman ini bisa bermanfaat bagi rekan-rekan yang lain.

Baca juga :

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Designed by Posicionamiento Web | Bloggerized by GosuBlogger