Sejarah Komputer (apa itu komputer)

sumber : http://www.trangpunyaweb.com

Disiplin Ilmu Komputer sudah muncul sejak era tahun 1940, seiring denganberpadunya teori algoritma dan logika matematika, serta ditemukannyakomputer elektronik dengan kemampuan penyimpanan program. Adalah AlanTuring dan Kurt Godel, yang pada tahun 1930-an berhasil memadukanalgoritma, logika, dan penghitungan matematika serta merealisasikannyadalam sebuah alat atau rule system. Prinsip algoritma yang digunakanadalah dari Ada Lovelace, yang dikembangkan 60 tahun sebelumnya.
Penemu algoritma sendiri yang tercatat dalam sejarah awal adalah dariseorang yang bernama Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al Khwarizmi. AlKhwarizmi adalah seorang ahli matematika dari Uzbekistan yang hidup dimasa tahun 770-840 masehi. Di literatur barat ia lebih terkenal dengansebutan Algorizm. Kata algoritma sendiri berasal dari sebutannya ini.Sedangkan komputer analog diciptakan oleh Vannevar Bush pada tahun 1920,dan disusul dengan komputer elektronik yang dikembangkan oleh Howard Aikendan Konrad Zuse tahun 1930.
Kemudian John Von Neumann mendemonstrasikan salah satu karya fenomenalnyapada tahun 1945, yaitu sebuah arsitektur komputer yang disebut "vonNeumann machine", dimana program disimpan di memori. Arsitektur komputerinilah yang kemudian digunakan oleh komputer modern sampai sekarang.
Tahun 1960 adalah babak baru dimulainya formalisasi Ilmu Komputer. JurusanIlmu Komputer pada universitas-universitas mulai marak dibangun. Disiplinilmu baru ini kemudian terkenal dengan sebutan Ilmu Komputer (ComputerScience), Teknik Komputer (Computer Engineering), Komputing (Computing),atau Informatika (Informatics).

Definisi
Seiring dengan perkembangan Ilmu Komputer, dewasa ini banyak sekalipeneliti yang mencoba membuat kajian dan melakukan pendefinisian terhadapIlmu Komputer. Bagaimanapun juga, dasar Ilmu Komputer adalah matematika dan engineering (teknik). Matematika menyumbangkan metode analisa, danengineering menyumbangkan metode desain pada bidang ini.

Denning mendefinisikan Ilmu Komputer dalam makalahnya yang cukup terkenaltentang disiplin ilmu komputer [1]. Makalah ini adalah laporan akhir dariproyek dan task force tentang the Core of Computer Science yang dibentukoleh dua society ilmiah terbesar bidang komputer, yaitu ACM [4](http://acm.org/) dan IEEE Computer Society [5] (http://computer.org/).

Beberapa definisi lain yang lebih abstrak adalah:
Ilmu Komputer adalah studi sistematik tentang proses algoritmik yangmengjelaskan dan mentrasformasikan informasi: baik itu berhubungan denganteori-teori, analisa, desain, efisiensi, implementasi, ataupunaplikasi-aplikasi yang ada padanya. Pertanyaan mendasar berhubungan denganIlmu Komputer adalah, "Apa yang bisa diotomatisasikan secara efisien".

Persepsi Yang Salah Tentang Ilmu Komputer
Beberapa persepsi yang salah kaprah tentang Ilmu Komputer bisa kitarangkumkan seperti dibawah:
*
Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang komputer. IlmuKomputer bukanlah ilmu yang hanya mempelajari tentang komputer,seperti juga ilmu astronomi yang bukan ilmu tentang teleskop, atauilmu biologi adalah juga bukan ilmu yang hanya mempelajari tentangmikroskop. Komputer, teleskop dan mikroskop adalah alat dari ilmu,dan bukan ilmu itu sendiri.*
Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menulis program komputer.*
Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang pengunaan aplikasi-aplikasi komputer.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Designed by Posicionamiento Web | Bloggerized by GosuBlogger