Tentang Menembak Keyword

sumber : http://ekkei.com

Prolog: Saya sama sekali bukan ahli seo, ngerti kulitnya aja tidak (SEO punya kulit ya?). Tulisan ini lebih banyak untuk bertanya kepada para pembaca yang mungkin lebih paham. Apapun yang saya tulis di sini benar-benar berangkat dari ketidaktahuan dan keingintahuan saya. Saya sangat berharap rekan-rekan yang mengerti perihal tembak-tembakan keyword ini untuk bisa berkomentar dan memberi pemahaman kepada saya. Dalam tulisan ini “keyword lendir” hanya sebagai contoh saja, tidak ada maksud apapun dibalik itu.

Mari kita mulai perbincangan tentang menembak keyword ini.

Semenjak saya rajin blogwalking (untuk menaikkan rangking alexa), saya melihat banyak juga rekan-rekan blogger yang mengincar beberapa keyword bernuansa cabul (kayak dukun aje) sebagai target tembakan mereka.

Dan harus diakui bahwa kata-kata kunci bernuansa lendir tersebut memang sangat populer di kalangan netter Indonesia, selain keyword download lagu mp3 gratis dan semacamnya. Mungkin hal itu yang memicu para blogger untuk bisa meraih posisi tinggi di search engine untuk keyword tersebut, dengan harapan bisa mendapatkan limpahan traffic yang besar.

Yang jadi pertanyaan saya adalah, setelah mendapatkan posisi tinggi di search engine untuk keyword-keyword tersebut, dan kemudian mendapatkan limpahan traffic yang tinggi, terus apa yang akan kita lakukan dengan traffic tersebut?

Harap dipahami bahwa meskipun saya masih abal-abal dalam hal blogging, saya berangkat dari seorang adsense publisher yang dituntut untuk sedikit mengerti tentang SEO juga, meskipun saya ternyata ndak paham SEO blas… hehehee…

Kok jadi SEO? Ya iya lah. Menembak keyword kan termasuk salah satu cabang ilmu seo (opini ngawur), makanya sampai ada lomba seo dengan target tembakan Latihan SEO Untuk Pemula (ndak, ini ndak lagi nembak, saya ndak ikutan kontes itu hehehe..).

Nah, menurut primbon besar SEO (karangan Mpu siapa ini?), kita mengarah suatu keyword untuk dioptimasi, dengan tujuan mendapatkan traffic dari para pencari keyword tersebut. Setelah traffic datang, kita tentunya mengharapkan adanya ‘action’ dari visitor yang datang. Apakah itu nge-klik iklan kita, beli produk, dan bentuk action lainnya.

Makanya, menurut primbon lho, target tembakan harus sesuai topik situs/blog kita, yang kemudian trafficnya bisa dikatakan ‘targetted visitor’.

Nha, ketika kita sampai pada kata ‘targetted’ ini, saya jadi bingung dengan fenomena (halah) menembak keyword len*dir tadi. Soalnya yang nembak para blogger yang seringnya malah membahas cara mencari uang dari internet dengan mudah di blog mereka. Lha jelas ndak targetted sama sekali kan traffic yang didapat dari hasil tembakan mereka? Lantas ‘action’ apa yang ingin diraih? Atau ndak ada?

Gampangnya gini. Saya lagi horn**y, saya pingin cari gambar (masukkan nama artis idola anda disini dan tambahkan kata telan***jang), saya nemu blog sang jago tembak berada di posisi puncak, saya masuk ke blog itu, dan menemukan ndak ada apapun yang saya cari, cuman tulisan.

Saya muter-muter dikit, tulisannya kok tentang nyari duit dari blog, apa iya nyari duit diblog bisa sambil telan****jang ya? Sempat juga liat iklan para penjual mimpi yang bombastis itu. Apa iya saya mau nge-klik iklan tersebut? Saya ndak butuh janji dan mimpi, saya pingin gambar (masukkan artis idola anda) lagi tela***njang, dan saya mau sekarang!

Jadi melalui tulisan ini saya ingin bertanya, apakah tujuan dari rekan-rekan yang menembak keyword yang tidak berhubungan dengan topik mereka. Keyword lendir dalam hal ini hanya sebagai contoh saja, tidak ada maksud apapun. Action lanjutan seperti apa yang ingin dituju? Atau ndak ada?

Sekedar belajar SEO? Apakah untuk meningkatkan traffic biar rangking alexa nya meningkat? Atau sekedar penasaran apakah kita bisa ikut bersaing memperebutkan target keyword populer itu?

Sekali lagi, ini adalah pertanyaan yang murni, sama sekali tidak ada maksud lain.

Dari sedikit yang saya tahu, kalau hanya untuk meningkatkan traffic, SEO bukan satu-satunya jalan. Kecuali memang ingin belajar seo.

OK, kita ambil lagi contoh nuansa lendir. Tanpa harus melakukan SEO pun kita bisa kok mendapatkan traffic yang tinggi. Dan jauh lebih cepat, ndak harus nunggu Google naikin peringkat kita, ndak perlu bersaing dengan penembak jitu yang lain. Dan trafficnya termasuk lebih targetted, bukan traffic yang kesasar. Bisa kita ulang terus, ndak perlu khawatir terdepak dari posisi puncak. Kalau kita mau bisa sekalian diduitin.

OK, kembali ke pertanyaan. Apakah tujuan rekan-rekan menembak keyword yang tidak sesuai topik bahasan blog kita? Ada ndak action lanjutan yang diharapkan?

Yuk, mau kan berdiskusi tentang hal ini?

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Designed by Posicionamiento Web | Bloggerized by GosuBlogger