Tips Memperpanjang lifetime baterai laptop

Baterai laptop atau notebook merupakan bagian vital yang harus dijaga dan diperhatikan. Bisa dibayangkan betapa jengkelnya kita jika pada waktu dibutuhkan ternyata daya baterai laptop ternyata sudah tinggal sedikit, atau yang lebih parah walaupun indikator baterai notebook mengisyaratkan penuh ternyata waktu dipakai hanya bisa bertahan sebentar saja. Dan tentu saja baterai laptop atau notebook ini bukan barang murah, jadi harus dijaga supaya lifetime nya sepanjang mungkin, atau kalau perlu awet sepanjang hayat dikandung badan. Nah berikut tips dan trik nya untuk memperpanjang lifetime baterai laptopmu.

- Charge secara berkala, pastikan setiap kali charge sampai kapasitas penuh di 100%.
- Kondisi baterai ketika akan di charge max 25 %, supaya tidak timbul memory effect.
- Jika sudah penuh, cabut charge-nya. Ini bisa ditandai dgn melihat kemampuan baterai ketika di charge sampe full itu butuh berapa jam.
- Jangan asal colok Pen drive / minimalkan pemakaian USB, Flash Disk, USB Mouse, External HD, cooling pad dll. Jika sudah tidak digunakan lagi supaya segera dicabut setelah lebih dulu "safety remove hardware".
- Bluetooth, Wifi kalo ga kepake, di off-kan dulu. bisa lewat msconfig : Menu Start –> Run –> ketik Msconfig –> Start Up, ntar disitu tinggal di tick aja tanda centhangnya aja di list program2. kalo mo make, dicenthang lagi. Misal : proses Winamp, Nero, Adobe, dan lain-lain, google desktop, DLL
- Jangan terlalu banyak membuka aplikasi. setiap aplikasi yg dibuka / ON, membutuhkan daya. (Antivirus, IE, Exprorer, dll)
sumber : http://www.p3durungan.com

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Designed by Posicionamiento Web | Bloggerized by GosuBlogger