Template Pada Joomla

Template adalah bagian yang bertanggung jawab terhadap tampilan pada website Joomla. Template Joomla secara standar harus mempunyai file-file sebagai berikut:

  • File index.php : file ini berisi instruksi-instruksi program yang berfungsi untuk menggabungkan seluruh komponen yang ada di Joomla untuk diatur penempatannya guna menghasilkan tampilan website sesuai dengan keinginan.
  • File template_css.css : file ini berfungsi untuk mendefinisikan fungsi-fungsi css yang digunakan untuk tampilan website. Biasanya dalam file css digunakan untuk mengatur warna pada tampilan, jenis dan ukuran huruf, format link, dll.
  • File tempaleDetails.xml : digunakan sebagai penyimpan informasi mengenai template, sekaligus digunakan untuk menyimpan informasi pada saat peng install an template.
  • File template_thumbnail.png : merupakan gambar kecil dari template yang nantinya akan digunakan oleh file templatedetails.xml untuk menampilkan gambar mini preview template.

Mengganti Template

Menu Template Joomla

  • Untuk mengubah template dapat diakses dengan jalan Menu Site –> Template Manager –> Site Templates Setelah itu daftar template yang sudah ter-install akan terlihat di halaman template Manager
  • Untuk menggunakan template yang diinginkan dapat dilakukan dengan cara memilih template yang diinginkan lalu di klik ikon Default yang ada di kanan-atas.

Default Template

Template yang ada di Template Manager ini dapat ditambah maupun dikurangi. Kita dapat mendesain template sendiri sesuai dengan keinginan (untuk desain sendiri diperlukan pengetahuan tentang HTML, PHP, XML, CSS) atau dengan cara mengambil template Joomla yang sudah jadi dari internet. Di internet banyak template Joomla yang dapat didownload secara gratis.

Install Template

Untuk menambah template ke dalam Template Manager dapat dilakukan dengan cara:

  • Klik Menu Installer –> Template Site
  • Dari halaman Install New Template, klik Browse. Pilih file template yang diinginkan(File dalam bentuk .zip atau .tar.gz)
  • Klik Upload File & Install

Install Template

Intall template

Mengganti Image Pada Template

Gambar pada template dapat diganti sesuai dengan keinginan kita. Biasanya gambar pada template terletak pada folder \templates\nama_template\images. Supaya tidak merusak tampilan, gambar harus mempunyai nama dan ukuran pixel yang sama dengan gambar yang mau diganti.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Designed by Posicionamiento Web | Bloggerized by GosuBlogger