Upload Website via FTP Menggunakan Filezilla

Anda sudah selesai men-desain website Anda. Tapi Anda merasa kesulitan untuk meng-upload ke website? Bagaimana cara upload website via FTP? Jika Anda masih merasakan hal yang kurang lebih sama, mungkin Anda akan terbantu dengan membaca tulisan berikut. Dalam beberapa menit, saya akan paparkan dengan singkat proses upload file Anda ke web hosting melalui FTP.
Di sini, saya menggunakan software FileZilla, salah satu program favorit saya. Selain karena fasilitas yang lengkap dan kompak, Filezilla sudah terbukti membantu saya mengupload file-file ke server web selama ini. Anda dapat mendownloadnya GRATIS dengan klik disini . Jika sudah selesai download, silakan saja langsung install dan berikut keterangan penggunaannya.
Tampilan Filezilla seperti berikut ini:

Keterangan:
1. Toolbar QuickConnect. Di sinilah Anda tempat Anda memasukkan akun username dan password FTP untuk dapat melakukan koneksi ke website Anda melalui jalur FTP.
2. Menampilkan isi dari komputer anda (komputer dimana FileZilla diinstall). Mirip Windows Explorer, keterangan yang ditampilkan di sini berupa drive, folder dan file yang terdapat pada komputer Anda. Klik tanda (+) untuk masuk ke dalam hirarki folder tree yang lebih dalam. Anda juga bisa ketikkan path/address di kolom Local Site untuk langsung menuju ke lokasi spesifik folder Anda.
3. File yang berada dalam folder yang Anda pilih dari kolom Local Site.
4. Kolom Message (pesan) Filezilla. Berisi respon dari perintah yang dikirim dan atau diterima oleh FileZilla, diantaranya:
Status:
Menunjukkan status operasi yang sedang dilakukan. Misal: “Connecting to www.guntingbatukertas.com…” atau “Retrieving directory listing…”
Error:
Merupakan pesan kesalahan, biasanya tampak dalam warna merah. Pesan ini muncul ketika terdapat kesalahan pada operasi yang dilakukan atau karena sebuah operasi dihentikan secara paksa.
Command:
Menunjukkan perintah yang sedang dikirim oleh FileZilla ke server
Response :
Menunjukkan respon yang diberikan oleh server. Jika pada digit pertama menunjukkan angka 2 atau 3 berarti operasi yang dilakukan sukses. Jika diawali dengan angka 4 atau 5 berarti operasi Anda gagal.

5. Jendela Remote Computer (server),
6. Status transfer file.

Selanjutnya, langkah untuk melakukan upload file, sebagai berikut:
1. Membuat Koneksi ke serverPerhatikan pada Quick Connection Bar, anda ketikkan informasi berikut:
a. Pada kolom Address: ketik url website anda, tanpa http:// .
b. Isi username dan password Anda persis seperti username dan password yang Anda gunakan untuk login ke Cpanel.
c. Abaikan kolom port, karena FileZilla akan mengisi secara otomatis kolom ini dengan port FTP. (default port untuk FTP adalah 21).
d. Akhiri dengan meng-klik tombol Quickconnect. Tampilan Filezilla Anda akan berubah menjadi seperti berikut.

2. Meng-upload File
Jika koneksi telah berhasil dilakukan, maka Anda sudah dapat melakukan proses upload. Pastikan anda masuk kedalam folder public_html. Folder ini merupakan lokasi default/root folder file yang akan ditampilkan di website. Untuk melakukannya, klik dua kali pada folder public_html

Kemudian, pilih file/folder yang ada di Local site > klik kanan > Upload.Jika Anda lebih nyaman dengan metode drag and drop seperti yang bisa Anda lakukan di Windows Explorer, Anda bisa pilih file yang akan di-upload kemudian Anda drag ke jendela di sebelah kanan/file website. Anda dapat melakukannya satu persatu atau sekaligus beberapa file dan folder dengan menekan Shift+Click.Tunggu beberapa saat, perhatikan pada jendela status transfer. FileZilla akan menampilkan proses transfer secara detail di sana. Jika jendela ini sudah kosong, berarti proses transfer Anda sudah sukses.
3. Tahap Akhir, FinalisasiSetelah anda selesai melakukan upload, pastikan untuk menutup koneksi ke website dengan meng-klik icon “Disconnect from server”. Pada gambar di bawah ditandai dengan lingkaran merah. Klik disini untuk download Filezilla

source :http://guntingbatukertas.com

Baca juga :

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Designed by Posicionamiento Web | Bloggerized by GosuBlogger